Waspada, Gunung Sinabung Meletus, Lontarkan Kolom Abu Setinggi 3 KM

Gunung Sinabung Meletus Percayagaksih.com - Di Indonesia memang terdapat banyak gunung berapi yang masih berstatus aktif, salah satunya adalah gunung Sinabung. Dilaporkan sejak Rabu (2/8) pukul 08.00 WIB sampai tengah hari, Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, sudah berkali-kali erupsi dan 17 kali awan panas guguran.

Dampak letusan Gunung Sinabung pada Rabu, 2 Agustus 2017 bisa menyebabkan sebaran abu menjangkau daerah yang sangat luas.

Kepala Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani mengatakan dengan ketinggian gunung menembus 2 ribu meter dan ketinggian kolom letusan menjangkau 3 ribu meter, dampak sebaran abu bisa menjangkau daerah yang lebih luas.

“Dampaknya mengikuti arah angin. Dengan ketinggian letusan 3 kilometer ditambah tinggi gunung Sinabung, sudah mencapai 5 ribuan meter. Dampaknya cukup jauh, tapi tergantung arah angin,” kata Kasbani.

Kendati begitu, dampak letusan Sinabung relatif masih terhitung aman asalkan masyarakat tidak memasuki radius berbahaya gunung itu. PVMBG telah meminta pemerintah daerah setempat agar mengawasi warganya supaya tidak memasuki wilayah berbahaya letusan gunung itu.

“Pemda dengan bupati supaya diinformasikan ke masyarakat, dipantau betul, jangan sampai masuk ke dalam area rekomendasi (larangan),” kata Kasbani.

Warga di sekitar gunung Sinabung diminta memakai masker untuk menghindari dampaknya bagi kesehatan jika abu gunung api terhirup. Abu letusan gunung itu pun bisa berpotensi merusak tanaman warga jika cukup tebal menutupi tanaman.

PVMBG juga sudah mengirimkan informasi letusan gunung api itu pada VONA (Volcano Observatory Notice for Aviation) untuk mengantisipasi dampak letusan itu pada penebangan pesawat.

Kasbani mengatakan letusan Sinabung yang terjadi hari ini menunjukkan adanya peningkatan intensitas awan panas guguran. Kenaikan ini menandakan kubah lava yang terbentuk di kawah gunung Sinabung mulai runtuh.

“Dilepaskannya sebentar-sebentar. Setelah ini selesai nanti akan kita hitung, apakah habis seperti dulu,” kata dia.

Beberapa bulan lalu sempat terjadi situasi serupa. Rentetan awan panas guguran terjadi menandai runtuhnya kubah lava Sinabung. Tumpukan kubah lava kala itu tidak sebesar yang tersimpah saat ini.

“Pembentukannya cukup lama, sekitar 3-4 bulan. Dulu yang terakhir (volumenya) sampai 1 juta meter kubik. Habis, lalu terbentuk lagi,” kata Kasbani.

Kasbani mengatakan, runtuhnya kubah lava yang terjadi tidak sekaligus itu membuat jangkauannya luncurannya relatif tidak jauh. “Kubah lava ini cukup banyak, 2 juta meter kubik ini dilepas sedikit-sedikit. Kalau semuanya (sekaligus) bisa lebih jauh lagi,” jelasnya.


Waspada, Gunung Sinabung Meletus, Lontarkan Kolom Abu Setinggi 3 KM Waspada, Gunung Sinabung Meletus, Lontarkan Kolom Abu Setinggi 3 KM Reviewed by lmm on 10:46 AM Rating: 5

No comments

Fashion